Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit


Memiliki kulit yang cantik dan mulus memang dambaan setiap wanita. Untuk hal ini, banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan suatu perawatan pada wajah.Namun, memiliki wajah yang cantik dan mulus tidak hanya dengan melakukan perawatan saja. Karena ada beberapa kebiasaan buruk seseorang yang dapat merusak kulit. Jangan sampai sudah susah payah merawat wajah agar tetap cantik, menjadi sia-sia karena masih melakukan kebiasaan buruk perusak kulit, tapi kamu tidak menyadarinya.
Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kebiasaan buruk tersebut. Berikut adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit.




sumber : http://m.life.viva.co.id/news/read/676290-empat-kebiasaan-yang-dapat-merusak-kulit




Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah memang penting dan baik. Namun, bila dilakukan terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering dan kehilangan kelembabannya. Hal ini juga mendorong terjadinya penuaan yang lebih cepat dari biasanya. Wajarnya, membersihkan wajah dengan sabun atau facial foam 2-3  kali sehari sudah cukup.

Merokok

Tahukah kamu bahwa merokok merupakan salah satu penyebab penuaan dini pada kulit?
Ya, merokok memiliki peranan yang cukup besar dalam perusakan kulit terutama pada penuaan. Zat yang terkandung di dalam rokok dapat merusak sel kulit, sehingga menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Merokok juga  membuat kulit kusam , menyebabkan kulit kering, dan menghambat proses penyembuhan luka jaringan serta kulit.

Membersihkan Wajah Dengan Tisu Basah

Kebiasaan membersihkan wajah dengan tisu basah sebelum tidur merupakan kebiasaan yang sebaiknya segera kamu tinggalkan. Karena membersihkan wajah dengna tisu basah selain membuat kulitmu terasa perih dan sakit, ternyata juga membuat wajah tidak bersih maksimal. Sehingga sisa kotoran yang masih menempel di wajah menyebabkan mudah berjerawat dan rusak. Sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan sabun atau facial foam.

Berlama-lama Terpapar Sinar Matahari

image source: http://www.koranmuria.com/2017/07/29/58818/awas-sering-terpapar-sinar-matahari-bikin-anda-terlihat-tua.html

Terlalu lama terpapar sinar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya dapat membakar kulit dan berisiko tinggi terkena kanker kulit. Jika hal ini terus dilakukan maka kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam hingga kanker kulit. Jangan  lupa menggunakan tabir surya setiap hari.


Malas Menggunakan Tabir Surya

Meskipun Anda hanya berada di luar ruangan saat berangkat ke kantor atau pergi makan siang, kulit Anda tetap memerlukan SPF. Dan ingat, menggunakan tabir surya pada pagi hari tidak akan melindungi kulit pada siang hari. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih pada pagi dan siang hari. Tabir surya perlu dipakai 30 menit sebelum keluar ruangan dan diulang setiap 2 jam.


Terlalu Sering Menggunakan Scrub

Srub memang baik untuk mengatasi masalah kulit kusam. Namun, scrubbing hanya boleh dilakukan maksimal seminggu sekali, menggunakan scrub mikrodemabrasi(butiran scrub yang lebih lembut). Tapi, jangan pernah melakukannya saat kulit berjerawat, karena scrubbing dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.    


Stres Berkepanjangan


Jangan biarkan stress menghantui hidup mu, karena stres dapat mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Ketika berada dalam kondisi stress, tubuh mengeluarkan stress hormone, salah satunya adalah hormon kortisol. Hormon ini merupakan agen pro-aging yang dapat mempercepat proses penuaan. Kondisi ini juga dapat menurunkan kemampuan kulit untuk melawan infeksi dan iritasi. 

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda kusam dan mengeluarkan garis-garis halus. Saat tidur, energi akan mengalir ke seluruh tubuh untuk proses peremajaan sel. Sehingga, bila waktu tidur Anda kurang, tubuh akan kehilangan momen peremajaan kulit.

Bedak Yang Tebal

Ternyata menggunakan bedak terlalu tebal pada wajah dapat membuat kulit kering. Sebaiknya terapkan secara tipis saja namun merata.


Yuk, share!

Komentar