Tips Mengenal Jenis Kulit Wajah


Ladies, pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri bagaimana merawat kulitmu dengan benar? Perawatan kulit merupakan salah satu rutinitas harian yang tidak boleh ditinggalkan. Dengan adanya beragam jenis kulit, tentu menyebabkan perbedaan cara merawatnya. Beda jenis kulit, beda pula perawatannya. Sebelum kamu menentukan perawatan seperti apa yang tepat untuk kulitmu, alangkah baiknya kamu mengetahui jenis kulitmu dulu. Nah, berikut ini penjelasan tentang beberapa jenis kulit. Yuk, simak!

source : http://www.sheamoistureproducts.com/understanding-your-skin-type/

Kulit Berminyak
Sesuai namanya, kulit ini ditandai adanya minyak berlebih di area hidung, dahi, dagu, hingga pipi atau seluruh area wajah. Kulit sering terlihat mengkilap bahkan disertai dengan pori-pori besar dan rentan terhadap munculnya jerawat dan komedo. Untuk kamu yang memimiliki jenis kulit ini, hindari membersihkan wajah terlalu sering dan menggunakan pembersih wajah yang bersifat kasar karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi dan produksi minyak diwajah semakin meningkat. Selain itu, gunakan produk perawatan kulit yang berlabel oil-free dan non-comedogenic.

Kulit Kombinasi
Jika zona T (dahi, hidung, dan dagu) berminyak, sedangkan area pipi terasa kering, maka dapat dikatakan kamu memiliki jenis kulit kombinasi.

Kulit Kering
Jenis kulit yang satu ini dapat dikatakan kebalikan dari kulit berminyak. Pada kulit kering, kulit tidak mengeluarkan minyak berlebih namun kulit juga tidak elastis ataupun mulus. Bahkan terkadang kulit terkelupas, terasa keras, hingga terkelupas dan pecah-pecah. Jenis kulit yang satu ini sangat rentan terjadinya penuaan dini dan iritasi. Untuk merawatnya, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang kaya akan moisturizer.

Kulit Normal
Kulit tidak terlihat mengkilap akibat minyak namun terasa mulus, lentur, dan kenyal, maka inilah jenis kulit ideal atau normal. Kamu wajib bersyukur jika memiliki jenis kulit ini dan jangan lupa untuk menjaga kesehatannya.

Kulit Sensitif
Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang membutuhkan perawatan ekstra. Jenis kulit ini terkadang terasa sangat kering, mudah mengalami iritasi, mudah merah ataupun terasa terbakar, dan terkadang terasa gatal.    


Nah ladies, yang mana jenis kulitmu? 



Yuk, share!

Komentar