Tips Merawat Kulit Berminyak


Kulit berminyak rentan terhadap munculnya jerawat. Ditambah lagi adanya komedo dan pori-pori yang tampak besar. Selain itu, makeup yang kita pulaskan pun cepat luntur dan wajah mudah terlihat kusam.

source : http://www.howhunter.com/skin-care/natural-ways-to-get-rid-of-oily-skin-on-face/


Agar produksi minyak di wajah tidak bertambah parah, tentu kamu harus melakukan perawatan tepat untuk mengatasinya. Jangan khawatir fimelians, kamu bisa mencontek tips berikut ini!


1. Bersihkan Wajah

Jika selama beraktifitas kamu mengenakan makeup, selalu lakukan pembersihan ganda. Hapus makeup menggunakan makeup remover, kemudian segera bersihkan wajah menggunakan foaming cleanser. Pilihlah pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak namun tidak membuat kulit menjadi kering. Selain itu, hindari membersihkan wajah secara berlebihan, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi dan meningkatnya produksi minyak di wajah.


2. Eksfoliasi

Eksfoliasi juga merupakan hal yang penting dalam perawatan kulit berminyak. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori, minyak, sel kulit mati, dan juga bakteri yang jika dibiarkan dapat menambah munculnya masalah pada kulitmu.  Kamu dapat melakukan eksfoliasi sebanyak 1 kali dalam seminggu atau 1 kali dalam 2 minggu.


3. Gunakan Toner

Toner dapat membuat kulitmu terasa lebih segar. Selain itu, dengan formula yang tepat, toner juga dapat membantu mengatasi masalah yang ada di kulitmu. Pilih toner  yang mengandung formula yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya Ladies! 


4. Beri Asupan Nutrisi

Kamu juga bisa lho mengoleskan serum ke wajahmu. Aplikasikan serum pada wajah secara menyeluruh, kemudian pijat kulit wajah secara lembut. Sebaiknya, kamu pilih serum yang juga mengandung salycilic acid untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain serum, kamu juga bisa menggunakan tea tree oil. Tea tree oil juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat serta membantu penyembuhan jerawat.


5. Jangan Abaikan Pelembab



image source: www.cosmopolitan.co.id

Banyak yang berpikiran bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab. Kenyataannya tidak demikian. Kulit berminyak juga butuh pelembab, hanya saja, gunakan pelembab yang terasa ringan di kulit dan bebas minyak.



6. Masker

Penting juga untuk memberi perawatan lebih pada kulit berminyakmu dengan masker sekali seminggu. Kamu bisa memilih masker yang mengandung asam salycilic atau tea tree oil yang berguna membantu mengurangi masalah di kulit wajahmu.



Yuk, share!

Komentar